Kampung Cina Cibubur

Kebudayaan Cina sudah cukup lama dikenal di Indonesia. Berbagai jenis pernak-pernik, pakaian, bahasa atau kesenian lainnya mungkin sudah dikenal cukup luas. Bila Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang bangunan atau hal lainnya dari kebudayaan Cina, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Kampung Cina yang berada di Cibubur.

Kawasan yang masih ramai dikunjungi adalah pada bagian kawasan Kampung Cina. Pada saat-saat tertentu, kawasan Kampung Cina menyediakan hiburan yang tetap khas dari negeri Cina, misalnya pertunjukan barongsai yang menarik perhatian. Sedangkan untuk kampung lainnya seperti Kampung Jepang dan Kampung Indonesia cukup sepi, banyak kios yang tutup sehinngga pengunjungnya semakin sedikit. Untuk masuk ke Kampung Cina tidak dipungut bayaran, hanya saja bila Anda ingin masuk ke Fantasy Land, naik sepeda air atau perahu motor, Anda harus menyiapkan uang lebih untuk mengunjunginya.

Bagi teman-teman yang suka belanja, dijamin akan dimanjakan kalau berkunjung ke Kampung Cina ini.  Di sini banyak sekali kios-kios yang menjajakan aneka barang, terutama yang berkaitan dengan kebudayaan Cina.

Yang paling mudah ditemui adalah baju chongsam alias baju merah khas orang Tionghoa. Lalu ada juga aneka pernak-pernik seperti tas, dompet, dan lainnya dengan tambahan aksesoris berupa bordiran khas Cina. Dan segala yang berbau Cina ada dikampung cina cibubur dengan harga yang terjangkau. Selain barang-barang, disana juga menjual makanan khas Cina seperti kue keranjang dan lumpia.

Selain semua keunggulan yang ada di Kampung Cina, sebenarnya masih banyak lagi yang perlu dibenahi dari tempat wisata ini. Tingkat kebersihan yang ada disana sangat kurang. Oleh karena itu pembinaan mengenai kebersihan perlu ditingkatkan. Jika lingkungan bersih kitapun akan merasa lebih nyaman bukan? Selain itu area parkirpun rasanya perlu diperluas lagi. Mengingat jika akhir pekan pengunjung disana cukup banyak sehingga bingung untuk memarkirkan kendaraan. Udara disana cukup panas dan pengap, sehingga perlu diadakan penghijauan disekitar tempat wisata tersebut. Dengan adanya peningkatan demikian pengunjung akan lebih nyaman lagi untuk kembali kesana, dan jumlahnya pun diharapkan bisa meningkat.

Posted on Februari 1, 2012, in Perjalananku, Umum and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: